Tuesday, 30 October 2007

hasil test bahasa jerman

arsip dari 27 september 2007

berakhir juga masa penantianku akan hasil test penempatan kelas bahasa jerman. kemarin aku udah test, yang ternyata nih.. asli 3 kali lipat lebih susah daripada soal-soal test di Bénédict Schule dulu. ada multiple choice dan banyak essay! buset dah! mana ada disuruh nulis surat yang super payah lagi, tapi bagian itu ga aku isi karena aku blum belajar ampe topik itu. payah kali soalnya woi!

aku ujian sendirian di satu ruangan kelas, berhubung aku sendirian makanya bebas mo ngomong suka hati pake Bahasa Indonesia. seandainya di ruangan itu ada 'hidden camera' kayak di film gitu.. pasti yang dengerin rekaman film tu bingung, ni anak ngomong sendiri pake bahasa yang sama sekali belum terkenal di kalangan dunia internasional!
nah itu dia, karena bahasa indonesia blum se-ngetop bahasa Jepang atau Mandarin, makanya kadang di Zurich aku suka teriak ga jelas pake Bahasa Indonesia, biar ngetop! haha 
(dasar anak ga warasss!)

setelah beberapa saat berkeluh kesah, ngomong sendiri sambil nulis jawaban, juga maki tak tentu karena ga tau mo nulis apa... aku keluar dari ruangan ujian sambil mencengkram pena ampe tu pena mo patah *titisan hulk*

begitu aku keluar, seorang wanita yang pengennya selalu bicara aja menyambutku dengan tangan terbuka dan mata tertutup (gimana nih maksudnya?) si wanita ini ternyata si kepala sekolah dan dia sendiri yang langsung mengoreksi hasil ujianku pada saat itu juga di depan mataku..
MAMPUS DEH!

aku udah deg-degan aja mikirin apa yang bakal dia komentarin tentang jawabanku. waktu dia ngeliat lembar jawabanku, tanpa disangka dia malah muji

nyonya kepala sekolah : wah tulisannya bagus!
aku : danke.. (sambil tersenyum menawan gaya gisele bündchen baru kecelakaan)

dalam hati aku mikir, baru tulisan kayak gitu aja udah dibilang bagus (padahal itu bukanlah karya terbaik saya, penonton! mana mungkin nulis jawaban test pake diukir segala?!) gimana lagi dia ngeliat tulisan anak-anak abg Indonesia yang makin kreatif aja aku liat. habis mengoreksi dia bilang kalo dia senang aku mengisi bagian essay. itu menandakan kalo aku punya minat buat mempelajari bahasa tersebut *idung udah kembang duluan*

wah Nyonya Kepsek, blum tau ya kalo muridnya ini 'juara mengarang'? kalo ada ujian di sekolah pasti aku sering ngarang jawabannya, terutama pelajaran sejarah! fakta yang ga ada pun aku ada-adain (biar sejarah indonesia makin panjang kebohongannya) bahkan ujian fisika aku pun ngarang rumus tapi ntah kenapa kadang kok jawabannya benar ya?

kepsekku bilang, banyak orang Asia yang suka ga mo ngisi bagian essay. wedeh... segitu burukkah citra orang Asia? untunglah ada aku sang prajurit Benteng Takeshi nan gagah berani ini yang telah mendobrak segala steriotip yang adaaaa huahhaa aduoohh tolongggg...!! *ini ada botol-botol kaca bahkan ampe sapu lidi karatan beterbangan!*

si nyonya kepsek tanya, aku mo masuk kelas A3 ato A4. dengan sok yakin aku bilang: A4! dia ngangguk2, bagus kalo gitu, katanya. bukan apa-apa, aku milih tingkatan itu karena aku udah punya bukunya (jadi ga perlu beli buku lagi!) dan bab terakhir yang aku pelajari di sekolah lama adalah bab awal yang akan dimulai di sekolah baru ini. pas banget kan? mantap lah, Bang.. mantappp! akhirnya setelah konsultasi bentar dengan Nyonya Kepsek aku mutusin masuk kelas A4. gileee ini kepsek ngomongnya cepeettt banget sementara aku ngomong kayak orang gagap, laa, pelan, lamban dan lambat, banyakan mikir, mata berkedip tiga kali baru njawab, belum lagi bahasa jermanku yang ancur banget, ancurrrr...!

mau tau pertanyaan-pertanyaan essay yang ditanyain di test kemarin? aku ga inget semuanya, cuma ingat 3 aja dan cuma bisa aku tulis dalam Bahasa Indonesia hehe, maap ye! ayo disimak baik-baik ya anak-anak...
[ket: F = frage (question), A = antwort (answer)]

F : Bagaimana cuaca kemarin?A : cuaca kemarin kurang begitu baik, mendung seharian penuh karena musim panas sudah berlalu, musim gugur telah datang. tentu saja, saya lebih suka musim panas dibandingkan musim-musim lainnya.

F : Kalau kamu sudah menguasai bahasa jerman, maka...
A : 1. Saya akan bisa berbicara Bahasa Jerman dengan baik secara otomatis. 2. Saya bisa mendapatkan pekerjaan yang baik di Swiss (jawaban standar..). 3. Saya bisa melanjutkan studi di bidang lain. 4. Saya bisa mendapatkan teman lebih banyak.

perhatikan baik2 pertanyaan berikut ini:

F : Apa hal yang tidak kamu sukai di kota Zurich?aku : (bingung mo jawab apa...)

kalo aku jawab : "Ga suka kota Zurich karena akhir-akhir ini banyak para lelaki yang nguntitin aku kalo lagi belanja dari para abg ampe orang kantoran."

pasti Nyonya Kepsek bakal bilang:"Sok cantik banget sih lo!!" (sambil ngebuang kertas jawabanku ke lantai dan berlalu pergi karena merasa kalah cantik dari aku :D)

trus kalo aku jawab : "Ga suka karena pajak di kota Zurich mahal minta ampun."

lagi-lagi si nyonya kepsek bakal nimpalin:"Hohoho.. mau pajak yang lebih mahal? Silakan pindah ke kota Basel sana! lo bisa 'dealing' pajak ma pemerintah Swiss, syaratnya lo harus jadi selebritis ato orang kaya dulu!" (sambil goyang-goyangin kepalanya dengan intens, deuh.. ampun deh!)

makanya untuk menghindari cakar-cakaran dan pertumpahan darah tersebut, aku nulis jawaban lain. mari kita ulang pertanyaannya dan kali ini akan saya jawab dengan grammar Bahasa Jerman saya yang sumpah bro.. sangat sangat ancur! mohon maaf pada penemu bahasa jerman yang bahasanya telah saya perkosa begini:

F : Apa hal yang tidak kamu sukai di kota Zurich?A : Eigentlich, Zürich gefällt mir sehr gut! Es gibt viele interessante Sachen, schöne Aussichten und freundliche Leute. Vielleicht nur ein kleines Ding: Warum kontrollieren die Polizei nur im schönen Wetter?

nih dia saritilawah-nya eh terjemahan kasarnya:
A : sebenarnya, saya sangat suka kota Zurich! banyak hal-hal menarik (di Zurich), pemandangannya indah dan orang-orang ramah (ga juga seh, ini ditambah-tambahin biar si Kepsek seneng) cuma ada satu hal kecil: kenapa para polisi (di Zurich) cuma melakukan kontrol di saat cuaca cerah?

jawabanku ini emang gue banget! maksud dari 'gue banget' tu berarti bego n super aneh! tapi sebodo lah, biarin aja. kan ga papa sesekali ngejawab pertanyaan secara ga serius, kepsekku juga ga masalah (jangan2 dalam ati dia ngutuk; gilaaa... baru kali ini ada makhluk secantik sekaligus segoblok gini! mampus dah!).

tapi jawabanku ini emang berdasarkan fakta kok! sebenarnya bukan cuma para polisi aja yang mo aku tulis, tapi juga para pegawai tiket kontrol tapi waktu itu aku lupa bahasa jermannya pegawai tiket kontrol, ingetnya cuma: Billetkontroller, tapi ini bahasa Swiss jerman. lupa kalo 'billet' yang bahasa perancis, kalo diterjemahkan ke Bahasa Jerman berarti: Fahrkarte.
LAGI2 KETAUAN BEGONYA AKU... APES!

tapi ga papa deh, namanya juga lagi belajar. begitulah cerita seputar hasil test bahasa jermanku. oiya, resminya aku mulai masuk sekolah tgl. 1 Oktober tapi hari ini dan besok aku bisa masuk kelas percobaan: GRATIS!

sapa yang mo kirim salam ma si Nyonya Kepsekku yang super chic? ntar gue sampein deh! huahaha...

AYOOOO SEEEKOOOLAAAHHH..!! *jingle lagu iklan layanan masyarakat*

No comments :