Monday, 22 October 2007

MY HOLIDAY -- DESTINATION : SPAIN

arsip dari 10 agustus 2007

aku berangkat dari stuttgart airport. penerbangan dengan tujuan ke: palma de mallorca. katanya seeh, mallorca itu kayak bali-nya orang-orang jerman. rada gugup juga karena ga kebayang gimana rasanya sendiri disana ntar..

perjalanan memakan waktu hampir 2 jam (ga lupa nyempatin tidur di pesawat hehe), akhirnya aku sampe juga di mallorca. setelah nungguin bagasiku yang lamaaa banget (mana tiba-tiba mesin buat menjalankan koper2 mati lagi..) untungnya pas aku nyari koperku udah keluar  dan nangkring di salah satu sudut. waktu itu udah jam 7 malam tapi berhubung musim panas jadi hari masih terang. aku mengira-ngira apa yang bakal terjadi ntar di mallorca.

1. SUPIR TAXI SIALAN

begitu keluar dari airport, aku pun langsung nyari taxi. setelah nemuin salah satu taxi, aku nunjukin alamat hotel ke supir taxi-nya, aku tanya ke dia:
"do u know this address?"
eh dia ga jawab, diemm aja pasang muka ketat sambil masukin koperku ke mobil. aku ulangi lagi pertanyaanku n dia cuma ngangguk (ngeliat mukaku juga nggak!!) ihh.. dasar supir taxi pantat!! baru jadi supir taxi aja udah belagu...
akhirnya aku naik ke mobil.. ternyata penyakit supir taxi dimana-mana sama aja yah : ga mo ngidupin argo! aku tanya ke si supir bangsat tadi kenapa argonya ga dihidupkan.. (ini nanyanya dengan baik-baik nih..) eh dia malah merepet pake bahasa spanyol sambil ngegerak2kan tangannya. kata-kata yang bisa aku ngerti cuma: twelve Euro.

aku pun cuma diem aja, males ngelawanin. mana capek, laper dan ngantuk lagi..aku cuma pengen cepat2sampe hotel, makan malam dan istirahat. untungnya hotelnya ga jauh dari airport dan pantai. pas turun dari taxi si supir sengak tadi nurunin koperku aku pun ngasi ongkos taxi 'twelve Euro' tadi.
eh.. dia bilang makasih juga nggak, bahkan ngeliat mukaku juga nggak! memang dasar supir sialan! ga ada sopan santunnya, supir-supir di medan aja walopun rada sengak juga setidaknya masih bilang makasih kalo dikasi duit. ihh.. dasar ga tau diri! aku pun cuma bisa geleng-geleng kepala aja *mengurut dada*.

aku masuk ke hotel, menuju resepsionis. pas salah satu pegawainya datang, aku nyodorin kertas bookingan hotelku. si pegawainya bilang: "one moment please.."
dia nelepon sebentar lalu ngomong: "this is not the hotel that u booked, Miss.."
aku kaget karena pas aku liat di luar nama hotelnya sama. si pegawainya ngomong lagi: "I just checked but your hotel is over there. it's in the opposite of this hotel. you just need to cross this street.."

memang dasar supir taxi setannnnn! udahlah menyebalkan, eh bisanya dia nurunin aku di hotel yang salah. udah ga keitung lagi berapa kali aku nyumpahin itu supir. bikin kerjaan aja aku gotong koper berat gitu... ampe detik ini aku masih dendam ma si supir gila itu...

aku menyebrang jalan ke hotelku yang sebenarnya. si resepsionis udah nungguin aku. untungnya setelah ga lama aku bisa mandi. sesudah mandi aku yang udah kecapekan dan ga selera lagi buat nyari restoran. diantara keputusasaan aku beli makanan di burger king yang jaraknya ga sampe 50 meter dari hotelku.
makanan di burger king sama sekali ga enak (ugh..) aku balik ke hotel setelah sempat diikuti 4 orang cowo Spanyol dari burger king ampe ke hotelku (duh.. ga niat, aku cape!). bisa-bisanya mereka ngikutin aku pake mobil dan bikin jalanan macet gara-gara mobil mereka berhenti di depan entrance hotelku trus manggil-manggil aku. kalo ga aku usir secara halus, mereka pasti tetap aja betah nangkring, ga peduli mobil-mobil lain pada sibuk bunyiin klakson. memang dasar cowok-cowok Spanyol.. akhirnya aku bisa istirahat di kamarku yang imut banget kayak kamar tidur anak kos hihi.. (namanya juga liburan paket murah..)


2. TRAGEDI PASTA GIGI

kalo kakek-kakek di jaman dulu sebelum tidur ritualnya ngelap keris lebih dulu, sedangkan aku kalo sebelum tidur, ritual yang aku kerjain yaitu bersihin mukaku. pas mo sikat gigi tiba-tiba aku sadar.. ya ampun, aku lupa beli pasta gigi! ughhh.. hal memalukan ini mungkin cuma bisa aku aja yang ngalami, teledor banget ampe pasta gigi pun lupa beli! aku lupa karena selama di Jerman aku tinggal di rumah kakak-kakakku, otomatis ga perlu beli pasta gigi. akhirnya pagi harinya aku bangun pagi  terus beli pasta gigi ke toko terdekat :D


3. CAN PASTILLA, PALMA DE MALLORCA


aku bangun jam 8.30 pagi *cepat bangun karena mo beli pasta gigi*. setelah mandi dan dandan (ritual yang tak habisnya) aku sarapan, ternyata setelah aku bandingin, lebih enak sarapan di hotel di bali daripada di mallorca. aku niatan mo jalan-jalan di daerah sekitar hotelku, ga lupa bawa kamera. di sekitar situ banyak toko souvenir, aku udah ancang-ancang mo beli beberapa magnet buat oleh-oleh ntar :o)



daerah tempat aku tinggal namanya can pastilla. enaknya nih, hotelnya dekat banget dari pantai jalan 3 menit udah sampe. aku ga niatan mo berjemur di siang bolong -- mengingat kalo kulitku udah cukup coklat saat itu. aku cuma jalan dari satu toko ke toko lain yang jumlahnya banyakkkk banget ampe perutku laper.. aku mulai nyari restoran.
setelah berpanas ria, akhirnya aku pun ngeliat ada: restaurant asia! yuhuii.. memang seh ga lucu aja masa makan makanan asia di spanyol tapi namanya juga lagi laper dan udah ga tahan lagi.. hajarr! tapi ga sia-sia loh makan di sana soalnya enak. mungkin juga karena laper berat


4. SPANISH 'HOSPITALITY'

hari itu aku mulai sadar akan satu hal, ternyata orang Spanyol ga ramah malah cenderung sombong. ga tau juga apa itu cuma di mallorca atau merata di seluruh negri. tapi sejauh yang aku alami, ga ada tuh orang Spanyol yang ramah, mulai dari supir taxi sialan, para resepsionis di hotel, penjaga toko-toko souvenir, pegawai di burger king, etc..

herannya nih ya, padahal mallorca itu kan daerah yang banyak dikunjungi turis, seharusnya mereka mesti ramah dong biar makin banyak rezeki. ini kok malah sombong gitu aneh kan? resepsionis di hotelku sering banget pura-pura ga ngeliat pas kalo papasan denganku. idih belagu banget sih orang Spanyol ini! berhubung mereka sombong aku juga ikutan sombong. aku ga pernah mau ikutan ngucapin 'hola' (hallo), aku selalu bilang 'hallo' aja dan selalu bilang 'merci' (thank you) bukannya 'gracias', juga bilang 'adieu' daripada 'adios'. setelah ngeliat 'keramahtamahan' orang Spanyol. ngapain juga baek ke mereka. pokoknya aku ngomong gimana seperti aku di Swiss. saking seringnya aku bilang 'merci' n 'adieu', aku ampe dikira orang Perancis sama salah satu pegawai di lounge bar :D

hal paling fatal aku alami pas lagi beli orange juice di burker king -tempat pelipur lara, tempat paling dekat buat beli makanan- ga tau nih si pegawainya niat atau ga mo buat hal kasar ma aku, pas ngembalikan uang kembalianku masa dia banting uang recehan itu di atas meja kasir dan ngeloyor pergi sementara aku cuma bisa bengong sambil ngambil uang recehanku itu. gileee! apa mereka ga ditraining ya waktu masuk kerja? tapi kalo yang ngasi training pun ga da sopan santun, ya sama aja kan?!


5. NANYA JALAN


aku lagi keliling di sekitar hotelku habis makan siang, ngeliat ada toko buku. pantang ga liat buku.. aku pun masuk! di toko itu dijual kamus spanyol - inggris. dengan sok yakinnya aku beli kamus mini bahasa spanyol dan peta kecil area palma mallorca.
sewaktu bayar aku liat si penjaga tokonya (yang mungkin juga pemilik toko) kayaknya rada ramah -- dibandingkan orang2 spanyol lain di mallorca-- aku pun nekad nanya: "do u speak english..?"
dia menggeleng penuh penyesalan. aku pun udah patah semangat tapi aku coba tanya lagi: "do u know the shopping center around here?" (plus bahasa tarzan..)

dia mulai ngejelasin panjanggg lebar (tapi pake bahasa Spanyol!) sambil gerakin tangan kesana kemari. aku sama sekali ga ngerti dia bilang apa, dia pun mulai ngambil peta yang aku beli. trus nunjuk-nunjuk bilang: "Palma.." aku mulai ngerti dia mo bilang kalo aku mo belanja harus ke kota Palma. trus aku tanya lagi dengan mengerak2kan tanganku juga: "how can i get there? with bus?"

dia mulai lagi ngejelasin panjang lebar, tunjuk sana, tunjuk sini, tapi cuma 2 kata yang aku ngerti: 'shopping' dan 'bus' sementara kata-kata lain dilupakan aja deh. akhirnya aku pergi dari toko itu sambil ngucapin terima kasih (walaupun sama sekali ga ngerti dari penjelasannya)

6. "WHAT'S WRONG..???"

acara jalan-jalan pun lanjut lagi sampai sore. balik ke hotel buat mandi, gerahhh banget. aku yang lagi maruk ngitari toko2 niatan mo jalan lagi sambil nunggu waktu makan malam. setelah capek jalan, mulai lagi nyari restoran buat makan malam. lagi, milih restorannya karena putus asa n udah capek jalan :o) ternyata restoran itu-- yang juga sekaligus bar-- ngejual makanan turki. aku dengan pedenya milih dönner teller tanpa tanya itu porsi kecil ato besar. sewaktu si pelayan ngaterin pesananku, ya ampun.. porsinya 3x porsi normalku! aku lupa kalo aku waktu itu lagi di Spanyol yang jelas-jelas lebih murah dibandingkan di Swiss. aku udah terbiasa dengan mahalnya harga di Swiss ga nyangka dapat porsi segentong gitu.. akhirnya udah bisa ditebak kalo aku ga bisa ngabisin makan malamku. si pelayan datang dan ngeliat aku udah ga makan lagi, dia tanya:
"why? what's wrong??"
"no, there's nothing wrong. it's good, but the portion is too big for me.."
akhirnya dengan sedikit kesal dia ngangkat piringku juga. tamu lain di sekitarku pada senyum ngeliatin aku.

7. RIU PALACE

jalan-jalanku lanjut lagi di sepanjang jalan di dekat pantai. enak juga jalan sendirian. setelah jalan cukup jauh, aku ngeliat banyak orang berdiri kayak berpromosi gitu. ternyata di daerah situ daerah dimana banyak klub bertaburan. banyak anak muda dan abg berduyun2 (aihh.. ini bahasa indonesia baku banget) menuju ke klub buat dugem (duduk2 gembung). ga berapa lama, aku dan beberapa orang di dekatku didatangi seorang lelaki dari klub itu buat nawarin kami masuk ke club mereka yang namanya Riu Palace. dia berpromosi ini itu, katanya setiap malam ada sekitar 3000 orang hang out di sana (ga tau juga bener ato ga..) aku pun jadi penasaran dan ikutan masuk.
pas masuk, ternyata banyakan abg.. memang seh ada juga yang kira-kira seumuranku tapi dibandingin para abg jumlahnya kalah jauh. klub-nya sih lumayanlah.. cuma terlalu hingar bingar buatku. belum lagi para penarinya yang kata orang medan acem betol aja ah! mungkin seru juga kalo datang kesana ma teman-teman tapi kalo lagi sendirian ga gitu enak. akhirnya aku pun ga lama disana, lagian ga mood buat minum.. mending pulang aja ah ga terasa udah lewat tengah malam. duh, ngapain aja aku dari tadi yah? untung aja masih ada bus jurusan ke hotelku. akhirnya dengan terkantuk-kantuk aku balik ke kamar dan tidur dengan sukses...


8. PALMA CITY, PALMA DE MALLORCA


pagi harinya aku bangun kesiangan, jam 10 (di belahan dunia mana pun jam bangun tidur sama aja) jam sarapan di hotel udah lewat.. aku mandi dan dandan, setelah itu ke resepsionis buat nanya jalan ke palma. si resepsionis ngejelasin kalo aku bisa ke palma naik bus yang haltenya ga jauh dari hotelku.
aku nyoba pergi ke palma city, setelah tanya sana sini dengan beberapa penumpang. cihuiii akhirnya aku sampe ke palma! katanya di palma ada katedral yang jadi objek wisata. setelah celingak celinguk, tanya sana, tanya sini, aku nemuin katedral yang mo aku datangi itu..




9. CATEDRAL DE MALLORCA

aku termasuk orang yang suka mengunjungi museum, katedral, pameran, dsb.. jadi mengunjungi katedral pertama kali di Spanyol  adalah pengalaman menarik!
waktu beli tiket masuk ke katedral, rasanya aku balik ke masa silam. bukannn... bukannnya sisi keromantisanku tiba-tiba muncul, tapi karena ngeliat pegawai tiket yang rupanya bikin kita serasa berada di katedral di kelilingi hutan sherwood (loh, hutan sherwood kan di inggris.. apaan sih
ini?) ya pokoknya gitu deh.. maap saya termasuk dalam kategori orang yang ga pinter menjabarkan sesuatu.

seperti katedral lainnya, katedral mallorca juga adem dan dingin. aku ibuk memotret sana sini (ini sih lebih banyak gaya yang memotret daripada yang dipotret..) satu hal yang bikin aku kesal, udah jelas2 mallorca itu tempat yang sering banget didatangi turis setiap tahun..
tapi masa di setiap barang2 berharga yang jadi objek wisata di katedral itu ga ada keterangan yang berbahasa inggris/jerman.. semua cuma ditulis pake bahasa Spanyol! nyebelin!  gimana orang mo ngerti juga.. ini namanya pemaksaan secara tak langsung supaya semua turis ikut tour keliling.



10. "ICH BIN AUCH MARIA.."

sewaktu lagi keliling di katedral, aku berdiri di dekat salah satu rombongan tour berbahasa jerman. si pemandu tour sibuk menjelaskan objek yang dipamerkan di dalam katedral, sewaktu si pemandu itu sedang menjelaskan sesuatu yang berkenaan dengan Bunda Maria, dia menyebut kata Maria.. tiba-tiba ada seorang anak kecil perempuan yang ikut di rombongan tour itu nyeletuk:
"ich bin auch Maria.." (artian: I'm also Maria..)
rupanya karena dia bernama maria juga, si anak perempuan ini ga mo kalah ikutan nimbrung ngomong. si pemandu wisata itu nimpalin:
"oh.. du bist auch Maria? also, es gibt zwei Maria.." (oh.. you're also Maria? so, there are two Maria..) akhirnya semua orang yang ada di sekitar situ ikutan ketawa termasuk aku. si anak perempuan tersenyum bangga..

inilah foto favoritku selama aku liburan di mallorca. foto seorang laki-laki berpantomim ria dan seorang anak perempuan yang terkagum-kagum melihat si laki-laki berpantomim.
foto ini kupotret setelah mengunjungi katedral sambil  mengitari di salah satu jalanan kecil di kota palma.
sedangkan foto yang berikutnya adalah foto 'doll museum'. sayang nih, aku ga masuk ke dalam museum itu. ga tau juga apa itu museum beneran ato cuma toko boneka?! ah, ga taulah yang penting bisa dapetin fotonya 

aku mulai lapar (seperti biasa selalu aja lapar..) lalu nyari restoran buat makan siang.. sekelar makan siang, mulai jalan lagi. banyak banget toko berderet-deret dari yang ga bermerk sampe merk-merk mahal, tapi paling banyak toko sepatu. beberapa meter sekali pasti ada toko sepatu.. sayang aku udah shopping duluan di jerman jadi terpaksa tahan selera. sesudah capek jalan kesana sini sampe kaki ampir aja kapalan aku pun balik ke hotel.
sehabis mandi, aku niatan buat makan malam di restoran thailand di dekat hotelku (udah ga sanggup buat jalan jauh lagi, capek!) setelah itu aku jalan  nyantai di sepanjang pantai, proses jalan-jalam ga sengaja itu membuahkan hasil. ternyata ada lounge bar yang keren ga jauh dari sana. aku nyoba minum disana tapi ga lama karena mereka mo tutup, aku pun udah capek n ngantuk...

11. THE LAST DAY

hari terakhirku di mallorca. sehabis sarapan niatan mo pergi ke palma aquarium (semacam sea world). tempatnya ga gitu jauh dari hotelku tapi berhubung waktu itu siang hari dan panasss euy.. jadinya serasa jauhhh banget...
sesampenya di sana, pas mo beli tiket.. aku ngeliat harga tiket masuknya: 18 Euro! gileee.. kebun binatang di stuttgart yang besarrrr banget aja tiket masuknya ga semahal itu.. ini cuma aquarium yang ga gitu besar kok jauh lebih mahal (jangan-jangan di dalemnya ntar cuma kolam-kolaman yang cuma dihuni ikan gobi n beberapa ekor ikan emas juga lele). akhirnya aku ga jadi masuk ke sana, tapi cuma memotret bangunan bagian luarnya doang :D

aku jalan balik ke hotel, capek juga gerahhh banget rasanya. sampe di hotel aku ketiduran *penyakit bawaan lahir* sekitar sejam gitu ketidurannya.
bangun tidur aku mulai packing, mandi dan niatan ke pantai sambil jalan-jalan juga. setelah dua hari cuma jalan kesana kemari dari toko ke toko, dari pintu ke pintu (ini liburan atau salesman?!) akhirnya aku ke pantai juga. airnya hangattttt...., pantesan orang-orang suka ke sini.. tapi aku ga lama di pantai. aku masih punya misi belanja di hari terakhir buat beli beberapa souvenir dan barang. hal yang paling ga lupa dibeli: magnet!!


12. "NI HAO?", "MODELLO.."

kelar belanja, aku naruh barang belanjaan ke hotel dan anti baju (soalnya selama di pantai cuma pake tank top plus kain pantai doang) aku mikir-mikir mo makan malam dimana. pengennya sih di restoran yang lain dari yang laen.
baru aja jalan keluar dari hotel, ga berapa lama kedengaran orang manggil: "hai.. ni hao??"
ughhh..... udah jauh-jauh dari Indonesia ampe ke Spanyol, tetap aja aku dikira orang Cina. pengen aja rasanya teriak: "AKU BUKAN ORANG CINA!"
aku jalan terus ngelewati salah satu restoran turki, ada anak abg berkomentar:
"oh.. modello.. modello..."

ya ampun kalo tadi aku disangka orang cina, sekarang si abg kurang kerjaan manggil modello.. (ga tau juga apa artinya model ato model rakitan pesawat terbang?! sebodohlah!)
perjalanan mencari restoran membuahkan hasil, akhirnya aku dapetin juga restoran keren! makanannya lumayan lah, tapi nunggu makanannya datang lamanya minta ampoonn bikin bete mana da kelaperan lagi. ihhh!! untung rasanya ga mengecewakan. restorannya sih bagus, aku termasuk beruntung karena bisa dapetin meja kosong tanpa pesan dulu. hal yang kurang enak diliat cuma muka manager restorannya, judes gitu. bitchy manager banget seh..

sehabis makan aku ngabisin waktu ke lounge bar yang semalamnya aku datangin, berhubung tempatnya ga jauh dari restoran tadi dan searah dengan hotelku. aku minum disana ampe mereka mo tutup trus balik ke hotel, aku ngomong ke resepsionis buat pesan taxi pagi banget sebelum jam 7. si petugas resepsionis bilang, taxi langsung datang dalam 2-3 menit setelah aku pesan besok pagi.

balik ke kamar, aku mulai ngeberesin barang-barang yang tergeletak disana sini di dalam kamar. udah lewat tengah malam.. duh, aku ga bisa tidur kalo udah beberapa jam lagi mo terbang. setelah berberes ampe jam 3 pagi, aku pasang alarm volume hampir maximum trus tidur sebentar (cuma sekitar setengah jam.. hiks..)
bangun tidur, langsung mandi, dandan dan siap-siap. ga lama taxi datang. untung aja supirnya jauh lebih sopan daripada waktu aku tiba.

 13. SECURITY CHECKING

setiba di airport, aku check in secepatnya, setelah itu minum teh di café. duh ngantukkk banget... tahap selanjutnya ngantri buat security checking. penumpang udah pada buka tali pinggang dan sepatu. aku pun ancang-ancang lepas jam tangan. pas ngelewatin sensor, bunyi tiditt tiditt... petugasnya yang galaknya minta ampun, teriak-teriak nyuruh aku lepas sandalku.. (jadi ingat guru galak di jaman dulu..) bukan cuma aku aja yang dibentak tapi juga para penumpang lain. aku ngelepas sandalku, baru deh ga bunyi lagi. waktu sebelum boarding kuhabiskan dengan keliling airport.

di pesawat aku tidur walopun ga khusyuk (emang sholat apa), terbangun cuma pas waktu makan (kebiasaan yang ga pernah ilang kalo lagi di pesawat) aku sampe dengan selamat di Stuttgart Airport.
setelah nunggu bagasi, aku minum coklat panas di salah satu café sambil nunggu kereta. aku jalan ke lantai bawah, ga lama kemudian kereta datang. tujuan berikutnya: Stuttgart Hauptbahnhof. sesampenya disana aku keliling sana sini, tanya ke orang-orang nyariin platform yang mau kutuju sampe hampir kesasar.

14. PEMBONGKARAN KOPER

kali ini aku bisa tidur dengan lebih tenang di kereta tanpa bolak balik terbangun dengar suara pramugari.. perjalanan memakan waktu sekitar 3 jam dari Stuttgrat Hauptbahnhof ke Zürich Hauptbahnhof. sewaktu kereta mulai melewati stasiun Singen memasuki perbatasan Jerman - Swiss ke kanton Schaffhausen, para petugas imigrasi mulai jalan buat mengontrol para penumpang.

pas ngedatangi aku, mereka ngecek pasporku dan kartu izin tinggalku di Swiss. mereka tanya apa aku ada bawa barang yang perlu declaration, seperti alkohol dsb,.. aku bilang ga ada. trus mereka tanya aku dari mana aja, aku bilang dengan jujurnya aku dari Jerman dan Mallorca (mau bohong juga ga bisa kan?) begitu mereka dengar kata 'mallorca'.. langsung aja salah satu petugas nunjuk koperku dan nanya:
"Is this ur suitcase?"
aku pun mengiyakan, dia ngomong lagi:
"ok, I will check ur suitcase now.."

juedheerrrr...!!! seumur hidup baru kali ini aku travelling pake acara bongkar koper segala. walaupun ga da bawa barang terlarang tapi tetap aja kan rasanya deg-degan kalo koper dibongkar, untung underwearku ga da yang ilang :D akhirnya sesudah lebih dari 15 menit mereka mengacak-acak koper (asli acak-acakan banget!) akhirnya mereka pergi setelah ngembalikan paspor dan izin tinggalku. fiuuhhh... leganya!


15. LOST MAGNET

sewaktu aku bongkar koperku buat masukin baju2 lagi, ternyata aku kehilangan 1 buah magnet yang aku beli di mallorca. apa diambil ma salah satu petugas yah? mo nuduh gini tapi apa iya mereka mo ngambil (cuma magnet doang..) tapi setahuku sewaktu aku beres2 di hotel sebelum balik ke swiss, jumlah magnetku ada 7 biji n sesampenya di swiss cuma 6 biji! kalo emang bener salah satu dari mereka ngambil magnetku, emang dasar petugas imigrasi sialan!
satu lagi neeh, walaupun aku da sempat beli kamus bahasa spanyol -- inggris tapi bisa dibilang hampir ga terpake karena ngeliat mereka pada ga ramah ma aku. ujung2nya aku cuma tau tiga kata doang: hola (hallo), gracias (thank you) dan salidas (exit).
Note: kata yang terakhir ini sangat berguna kalo lagi di airport!

No comments :