Tuesday, 4 December 2007

LA TRAVIATA

tanggal 22 november 2007, emm kalo ga salah itu adalah hari kamis malam.  
tapi maaf aja di Swiss ga ada istilah malam jumat kliwon yang biasanya dibarengi dengan acara mandiin keris, mandi kembang 7 rupa yang airnya udah sempat disemburin ma wak dukun *ughhh..., makanya jangan suka ke dukun!*


maaf, ini bukan tiket nonton layar tancap..

oke, kamis malam tersebut di atas.. aku pergi nonton opera. tiket opera itu adalah tiket gratis!
ini adalah prinsip dasar ekonomi untuk ingin mencapai sesuatu yang diinginkan tanpa harus mengeluarkan banyak biaya.

nonton opera adalah hal pertama yang ku lakukan di dalam hidupku! 
emang rada kampungan sih.. ga pernah nonton opera seumur idup dan sekalinya nonton opera malah di Zurich! hal yang terbayangkan di kepalaku tentang opera sewaktu dalam perjalanan tuh...
wah pasti ntar aku mesti duduk di sebelah nenek dan kakek yang pada sibuk neropong sana sini.. atau ngebayangin mesti bersin karena mantel bulu dari nenek tersebut. tapi terus terang hal yang paling aku takutin kalo nonton opera tuh adalah: takut ketiduran!!
nah ternyata nonton opera tu ga begitu membosankan kayak yang udah ku bayangkan, atau.. memang aku aja yang goblok dan kuper ga pernah nonton opera? mm mungkin pendapat kedua lebih masuk akal..

opera itu judulnya: la traviata.
berhubung ini adalah event besar jadinya pementasan ga diadakan di gedung opera Zurich yang terkenal itu loh.. tapi di Hallenstadion. tahun lalu aku ke sini juga buat nonton konser Red Hot Chili Peppers.
asal tau aja, pementasan dimulai sekitar jam 8.
ini berarti... sepulang sekolah aku harus buru-buru ganti baju dan mempercantik diri!
hari itu juga adalah hari dimana aku harus test di sekolah.. bayangin aja gimana sibuk dan hebohnya?! pagi dan siang hari harus jadi murid teladan dan malamnya jadi wanita super elegan yang nonton opera *halahhh...*
di malam pertunjukan, aku udah duduk dengan cantiknya di salah satu seat.
tiba2 aku teringat sesuatu...

operanya pake bahasa Italia!!
GEDUBRAKKK...

kenapa otakku ga bisa sampe mikir kesana kalo opera itu pake bahasa Italia? kenapa udah umur segini aku tetep aja goblok? gimana mo ngerti operanya kalo ga ngerti ceritanya?
sudahlah, kebodohan tinggallah kebodohan.. yang penting sekarang harus nikmati petunjukan dan emang pertunjukannya keren! pendukungnya lebih dari seratus orang (ini sih di iklannya aku baca..) satu hal yang aku ketahui dari nonton opera itu adalah:

jadi pemain opera itu ga gampang sama sekali!

bayangin aja selama pertunjukan yang lebih dari 2 jam itu mulut mereka berkoak terus-terusan
dengan suara yang jenisnya soprano, alto.. eh ini bener gak ya? duh, ga tau lah!
biarpun ga ngerti bahasanya tapi aku cukup ngerti jalan ceritanya.. jadi ceritanya tuh tentang seseorang wanita yang bernama... aduh sapa yah, kok lupa..
ya udah baca di sini aja deh ya!!
http://en.wikipedia.org/wiki/La_traviata

No comments :