Wednesday, 27 February 2008

resenya orang Indonesia

"kapan nih giliran kamu nikah, ntar lama-lama bisa ga laku loh!"

pernah ga ditanya kayak gitu, atau setidaknya mendengar seseorang nanyain pertanyaan itu?
enggaaakkk... aku nulis topik ini bukan karena aku keseringan ditanya gitu. 
asal tau aja, aku termasuk orang yang beruntung karena jarang ditanya pertanyaan laknat itu.
pernah juga seseorang nanyain aku pertanyaan sedemikian, tapi tentu saja kujawab dengan senyuman memabukkan, jadinya dia lupa sendiri ma pertanyaannya.
sukurin!

aku heran aja, napa sih orang Indonesia heboh banget nanyain pertanyaan yang sehubungan ma hal-hal sedemikian?  
kesannya tuh: suka banget ikut campur urusan orang lain.
nih aku kasi tau kronologis pertanyaannya:

- pas lagi single ditanya: "Loh.. mana pacarnya?"

- udah punya pacar ditanya: "Kapan lagi nih?" *padahal baru juga pacaran setahun!*

- udah tahap tunangan malah ngomong: "Ayo cepetan, ntar tunangannya keburu lari.." 

- akhirnya nikah!! baru tiga bulan nikah ditanya: "Udah hamil belum?"
buset dah, ini yang ngebet mo punya anak sapa seh sebenarnya?!

- (ini nih bagian yang ga enaknya) pas udah punya anak.. kalo menurut mereka anaknya kurang cakep langsung dikomentari: "Kok gini ya? Kok gitu ya?"

sumpah, aku seribu kali heran: penting apa ya nanya urusan pribadi orang lain kayak gini?
mau orang lain tuh punya anak atau gak itu kan urusan mereka, ngapain ditanyain terus-terusan?!

bagi orang yang merasa sering nanyain pertanyaan bejat kayak gini, pernah ga sih mikir kalo pertanyaan ini bikin kesal orang lain?
tau ga kalo orang yang ditanyain itu rasanya pengen ngelempar tu si penanya pake penggorengan berlapis teflon anti lengket dan bergaransi 3 tahun loh, Buk! (loh ini nulis blog apa arisan dharma wanita?!)

saat ini hal yang saat ini paling sering ditanyain orang-orang Indonesia ke aku:
"Kapan dong lo punya anak, kan pengen ngeliat anak lo blasteran.."
somprettttt... emang kalo anak gue blasteran apa gaji suami dia bakal naik?? *ga da hubungannya memang..* aneh2 aja nanyanya. kalo mo liat anak blasteran juga banyak tu dimana-mana, ngapain nungguin aku punya anak segala? 
lagian kan aku juga ga bakalan ngejodohin anakku dengan anaknya huehehe.. 
(maaf, saya memang sombong!)

mungkin ini bukti dari masih sempitnya cara berpikir orang Indonesia. banyak dari mereka yang berpikiran kalo pernikahan itu adalah akhir dari perjalanan, padahal itu adalah awal dari semuanya!
banyak orang Indonesia punya tujuan utama dalam pernikahan yaitu: punya anak!
menurutku tujuan utama dalam menikah itu adalah mencari kebahagiaan, bukan mencari anak! 
anak itu kan rezeki, kalo diberi ya bersyukur.. kalo ga diberi ya berterimalah..

yang paling konyolnya, bahkan banyak wanita yang pengen cepat-cepat hamil karenaaaaaa:
TAKUT DIBILANG GAK SUBUR!
gara-gara takut dibilang gini, mereka cepet-cepet hamil padahal ujung2nya biaya melahirkan ngutang.
 ini namanya bukan lagi bahagia tapi numpukin utang! deuhhh nggak banget deh!!!

makanya buat yang merasa dirinya suka ngumbar pertanyaan ini, mohon direm deh kebiasaan mau tau urusan orang kayak gini! 
ga da gunanya! 
toh juga kalo kita dapet jawabannya juga ga bikin diri kita lebih baik dari mereka kan?
yang ada malah dapat cap dari orang lain: rese!


ps: kalo ada temen-temanku yang nanya kayak gini lagi (terus-terusan!), aku ga bakalan jawab tapi bakal langsung kirimin postingan ini..

2 comments :

cEcuRut cedHaL said...

hhee...mbak mengamati dengan sanagt baiikk...aku sendiri sering ditanyak kyk gitu
" Ven, km kok nggak punya pacar?" huaa...kesell bangett..
jadi merasa gimanaa gituu..
hikshiks

ika hardy said...

hehe thx..
aku nulis kyk gini karena gerah ngedengarnya n mau ga mau kasian ma org2 yg ditanya kyk gini..