Monday, 29 June 2009

rindu Indonesia

aku bukan termasuk kategori jago masak.
tapi yang namanya kalo udah merantau *ciee bahasanya..*, kalo ga belajar masak ya ga idup.
baru-baru ini aku iseng masak balado dendeng sapi dan pacri nanas. kalo dengar masakan pacri nanas, jadi ingat menu kondangan di tetangga hehe..
btw, dendang buatan saya enak juga loh -menghibur diri- tapi jangan liat penampilannya ya... :D
buat cewek-cewek yang belum bisa masak, segeralah belajar memasak.
hoii lagakmu lah *kata orang Medan*


balado dendeng sapi


pacri nanas

Friday, 26 June 2009

setelah tiga minggu

hari ini genap tiga minggu aku belajar menuntut ilmu dari guruku yang super maniak tata bahasa dan aku bisa bilang:
aku masih hidup!
tadi malam aku belajar plus ngerjain pe-er ampe jam setengah dua pagi (atau malah jam dua?!), kagak tau deh, yang penting aku masih bisa nafas aja! makanya hari ini -sumpah- aku capekkk dan ngantuk banget! mau tidur malah ga bisa. akhirnya untuk mengusir rasa kantuk aku putuskan untuk memasak :)

tinggal seminggu lagi dan aku putuskan buat 'cuti' dulu dari sekolahku ini dan cari sekolah lain. masalahnya, guruku bakalan libur sebulan dan selama dia ga ada bakalan ada guru pengganti. aku ga mau ngambil risiko asal masuk kelas tanpa kenal guru lagi.
jangan sampe kejadian waktu guruku ga masuk karena sakit dan ada guru-pengganti-yang-minta-ampun-membosankannya! rasanya pengen masukin dia ke neraka aja...
arrggghhh.... bisa meledak aku kalo ingat kejadian itu lagi.

aku sebenarnya ga benci atau ga suka ma guruku. menurutku dia berkualitas sebagai guru dan semua tugas yang dia kasi bener-bener bikin aku tambah pinter. tapi, kayaknya metode mengajarnya aja yang kurang pas ma aku. kalo biasanya belajar aku bisa 'lumayan-cepat-ngerti' (ingat ini pake tanda kutip..) kalo ma guruku aku malah jadi kebingungan. 
aku juga ga ngerti, padahal kayaknya aku ga goblok-goblok banget di kelas. makanya aku 'cuti' dulu habis itu cari guru lain.

oke, misiku kali ini kayaknya adalah cari guru yang benar-benar bagus.
omong-omong soal guru, guru yang baru-baru ini berpapasan denganku, mukanya mirip kayak Clark Kent alias Superman. sapa ya namanya? hehe..
d'accord.... have a nice weekend, people!!!

Tuesday, 16 June 2009

sekolah dan guru gelok

udah genap delapan hari aku mulai masuk di kelas baru. kesan-kesanku:
CAPEEEEEKKKKKKK!!!!
seperti yang udah kuceritain di postingan sebelumnya, hari pertama masuk kelas guruku menghajar kami semua dengan 75 lembar gramatik.
masih belum cukup, di hari yang sama kami diganjar sejumlah pe-er, plus ngerjain latihan soal dengan cara diuji satu-satu.
(ketauan deh lo tu pinter atau goblok).

hari pertama, aku shock.
ya iyalah, ga pernah sejarahnya selama aku sekolah di Zürich dikasi latihan segitu banyak dalam satu hari. pulang sekolah, aku langsung ngerjain soal-soal. mo makan, mo nggak, yang penting perut cuma diisi 2 bungkus indomie (baca: males masak). dari jam 2 siang ampe tengah malam aku ngerjain tugas, herannya soal-soal itu belum selesai juga.
bener deh, soal-soal itu bikin aku hampir nangis!

hari kedua, aku putus asa.
bangun tidur aku udah suntuk (gara-gara soal-soal yang belum selesai itu). di kelas, ga tau ntah karena kecapekan, ntah karena bingung, waktu aku diuji guruku aku cuma jawab:
"aku gak tau jawabannya."
errrggggggggg!!!!!

serius, jawaban ini sangat jarang aku ucapin dan aku benar-benar maluuuu waktu ngucapinnya pada saat itu. padahal jawabannya simpel aja, taruh präposition di depan, verb posisi ke dua, selebihnya cuma ditambah sana sini. ini mungkin yang namanya: hang!

aku sempat sedikit mengeluh dan mengadu ma guruku yang ceritanya pernah aku tulis di blog. bagi beberapa blogger cewe yang pernah kirim salam ma guruku yang ini, silakan mengaku. atau... ada yang mau kirim salam lagi?? :D guruku bilang,
"udah sabar dulu Ika, kasi dia kesempatan..."
(ini konsultasi ma guru atau pasangan yang mo putus?!)

aku ngikutin saran guruku. untungnya rasa kagetku cuma dua hari aja, sampe hari ini aku udah mulai bisa menyesuaikan diri dengan ritme mengajar guruku yang kayak roller coaster.
ngomongin soal guruku, ampe sekarang aku belum tau tentang kecenderungannya :) yah, kita tunggu aja kabar selanjutnya.

masih soal guruku, dia orangnya rada gimana yah...
yang pasti dia orangnya ga pendiam deh!
kalo menjelaskan sebuah kata atau kalimat tangannya pasti bergerak over, rada gemulai sih dan mungkin ini yang bikin hiburan selama pelajaran, komentarnya lucu kayak,

"Perumpamaan di buku ini goblok deh ya..."
kalo kami jawab soal dengan cuma nebak-nebak, dia nyindir,
"Lotto am Sonntag" (Lotto = Lotre di hari Senin)
"Kalo udah ada yang ga tahan lagi belajar, silakan bilang biar kita akhiri aja sekarang."
"Ini ada latihan tapi kayaknya ga bakal bikin kalian tambah pintar, jadi gimana.. mo ngerjain? Nggak? Oke, terserah!"

baru-baru ini guruku ngejelasin arti kata 'schaden'. aku yang ga ngerti arti kata itu (dan ga sempat buka kamus), nanya..
A: aku, GT: guruku

A : Kalo schaden bisa digunakan buat kondisi lahir batin?
GT: Maksudnya?
A : *dengan lugunya tanpa tahu arti kata tersebut* Kalo untuk patah hati?
GT: *ketawa* Kalo untuk patah hati itu bukan schaden.
A : Jadi apa dong?
GT: DEPRESSION!

aku ngakak, sementara semua teman sekelasku diem karena mereka juga ga ngerti apa arti kata schaden. setelah buka kamus, ternyata artinya: kerugian.
b-e-g-o-!

Monday, 8 June 2009

back to school

hari ini aku masuk sekolah lagi.
udah lebih dari dua minggu aku mengulang pelajaran dari 23 bab lebih. sekalian nyatatin ulang kekurangan dan ketinggalan.
tadinya aku pesimis bisa langsung nerusin levelku, ku kira aku bakalan ngulang minimal satu level lebih rendah karena tahun lalu total aku ga ada masuk kelas. tapi ternyata si ibu kepsekku yang gayanya sok glamour itu berbaik hati mengizinkan aku buat nerusin levelku.
makasih ya Ibu kepsek. saya ga akan lupa jasa-jasa Anda.
oh iya, mascara yang Ibu pake itu Dior yah?

terakhir kali kelasku mulai jam 03.45 sore, jam ngantuk.
kali ini aku balik lagi masuk jam 09.00 pagi. bagus seh secara aku lebih suka melakukan aktivitas belajar atau kerja pagi hari.
guruku orangnya rada gemulai, tapi ini masih praduga :)

hari ini aku bangun jam 05.30 pagi. ngantuk banget rasanya.
dan di tengah rasa kantuk itu, guruku dengan murah hatinya menghadiahiku sebundelan kertas yang isinya gramatik melulu sebanyak 75 lembar! danke vielmal, Pak!!

pulang sekolah gini, kepalaku rasanya nyut-nyutan.
ya udah, saya undur diri dulu soalnya ingin bermesraan dengan sejumlah soal yang tak habis-habisnya ini..