Monday, 29 March 2010

cerita tentang teman-teman dan mantan teman-teman

udah lama banget ga ngeblog! rasanya: sangat sangat kangen...
ini pertama kali saya ngeblog di awal musim semi tahun 2010 *halahh* emang sih, kedengaran sedikit dangdut, tapi terus terang saya benar-benar senang karena musim semi akhirnya tiba juga. sapa yang ga suntuk tiap hari dijejali salju terus, jalanan macet dan licin, kereta dan tram jadwalnya jadi ngaco, belum lagi mesti make pakaian lapis lima.
finally, it's (almost) over. untuk tahun ini :D

oke, pembukaan tadi emang ga ada hubungannya dengan judul di atas.
kali ini saya mau cerita tentang teman-teman saya. dalam tiga bulan terakhir ini, udah banyak yang terjadi di lingkungan pertemanan saya. dalam hal ini, saya punya teman-teman baru dan ini juga sedikit banyak berdampak pada hubungan dengan teman-teman yang udah saya kenal sebelumnya.
baiklah, dengan kata lain: saya beralih ke teman-teman baru!

jadi begini ceritanya...
saya punya beberapa teman yang saya kenal di sekolah dari akhir tahun 2007. selama berteman dengan mereka, saya sadar kalo saya rada sulit untuk masuk dan klop dengan mereka. saya bukannya mo rasis atau membeda-bedakan bangsa, tapi mungkin saya emang kurang bisa memahami pemikiran orang-orang dari negara-negara tersebut (saya ga mau bilang nama negaranya).
mereka emang ramah tapi juga terlalu glamour dan gila pesta. nah untuk dua poin terakhir ini saya rada keberatan. terlebih lagi di balik sikap ramah tamah mereka, ternyata banyak tersimpan sifat iri dan dengki.
hmmm...

terus, di malam tahun baru 2010 saya mengalami kejadian ga enak.
ini juga menyangkut salah satu teman saya. sejak saat itu, terakhir kali kami jumpa saya seperti dicuekin ma dia, sepertinya dia ga niat bicara dengan saya. noleh ke saya aja sepertinya males.
saya jadi kesal, walau saat itu saya tetap senyum-senyum.
dalam hati saya mikir, emangnya kalo selama ini saya tetap toleran, tetap ketawa atau senyum kalo dia mencetus atau mengkritik saya, terus kalo dibeginikan saya bakalan tetap diam?
jawabannya: tidak!!!

kita lanjutin lagi ke teman-teman saya yang lain.
sewaktu saya ngelanjutin kelas lagi -mulai dari musim panas 2009- saya masuk ke kelas yang benar-benar asyik. pada mulanya emang masih kaku. terus terang di kelas saya suka dan berusaha buat mencairkan kekakuan, baik itu dengan lelucon, menulis teks lain dari yang lain ataupun membuat kegiatan yang mencakup semua murid. seperti natal tahun lalu, saya ngusulin permainan secret friend.. dan sejak itu kelas saya jadi makin solid.
nggak, saya ga nulis gini ga ada maksud buat muji diri sendiri, tapi cuma nulis apa yang sebenarnya terjadi.

jadi bersamaan dengan waktu, kelas saya yang baru makin dan makin kompak.
saya, yang jelas merasa nyaman berteman dengan mereka jadi otomatis melupakan teman-teman lama. terutama setelah kejadian di malam tahun baru itu. ternyata teman-teman lama jadi merasa kalau saya menjauh.

mungkin mereka melihat foto-foto yang saya upload di facebook (dan mungkin juga merasa iri...). saya pernah menulis di status, lebih tepatnya menanyakan teman-teman sekelas saya soal pesta perpisahan yang kami adakan. saya tanya, apa teman-teman saya bisa bantuin bawa barang-barang dan hadiah buat guru kami. ternyata salah seorang 'mantan' teman saya kasi komentar, dia nulis:
'Inilah Ika. Dia emang suka pesta. Selamat bersenang-senang!'
jujur, ngebacanya saya ketawa.
saya tahu betul, tulisan ini penuh rasa iri. lalu dengan cueknya saya balas:
'Ya, aku emang berpesta. Tapi aku berpesta di apartemen, bukan di klub!'

saya nyindir.
terang aja kalimat itu adalah pembalasan dari rasa kesal saya. walopun saya diam sewaktu dicuekin begitu, saya udah nyiapin senjata buat ngebalas teman saya. saya tahu, sejak kejadian tahun baru itu dia mikirnya kalo saya ga selevel dengan mereka. menurut saya, pendapat dia ga salah.
karena saya emang ga pernah bisa selevel dengan orang dangkal dan kampungan kayak mereka.

saya kesal karena tingkah mereka yang merasa sokkk paling glamour dan gaul seantero Zürich. capek rasanya ngelihat tabiat superficial alias cetek dan kampungan kayak gitu.
satu hari, saya merasa perlu ketawa karena ngebaca status salah satu dari mereka. hal yang ditulis super ga penting:
'Aku lagi nikmati Spa di Hotel Marriot..'
kayaknya cuma orang-orang kampungan yang pamer kalo dia pernah nginap di hotel mahal. btw, buat yang suka pamer soal hal serupa di status kayak gini, segeralah ubah tabiat Anda. bukan apa-apa, norak banget!
ngebacanya aja jadi timbul rasa kasihan.

saat ini, saya merasa sangat senang punya teman-teman baru. dengan mereka saya melakukan hal-hal yang ga cuma keluar masuk klub atau ngomongin hal ga penting. okelah, pertemanan saya yang baru memang masih seumur jagung. tapi bukan berarti ga bisa bertahan lama kan? terus terang, saya merasa nyaman di antara mereka, saya merasa lebih bahagia dan saya merasa lebih bisa jadi diri sendiri.

mungkin saya dulu pernah buat kesalahan dengan salah bergaul, tapi di dunia ini siapa sih yang ga pernah begitu? yang penting saya berusaha memperbaiki kesalahan itu.
paling tidak sedikit banyaknya saya udah belajar tentang pertemanan.
saya juga ga mau munafik, ganti teman-teman bukan berarti saya jadi ga suka clubbing. saya suka pesta (tapi bukan gila pesta, catet... ini pasti ada bedanya!), saya juga suka dancing walopun gaya ngedance saya ga top dan sensual tapi yang namanya doyan ya tetap ga bisa diubah.

yang pasti, melupakan teman-teman lama itu ga selamanya buruk. apalagi kalau teman-teman baru bisa bawa perubahan baik ke diri saya sendiri.
sedangkan teman-teman lama?
biarkan saja mereka dengan rasa iri, dengki, juga sifat pemikiran dangkalnya.
toh, saya ga peduli. ujung-ujungnya mereka juga nyariin saya.
tapi saya udah bertekad, saya ga mau lagi berteman dekat dengan mereka.
boleh sih bertemu, tapi cuma sekedar itu.
saya cuma ngucapin:
selamat bersenang-senang di pesta tahun baru berikutnya.
tanpa saya tentunya!! :)

Wednesday, 10 March 2010

whatever..

seperti biasa, judul emang sama sekali ga nyambung ma isi post..

ehm, oke... bismillah *lho..*
udah lama banget ga posting. ga tau berapa lama, yang penting rasanya lamaaaa aja lah! jangankan mo post, ngecek blog aja aku jarangggg sekali, apalagi mo blogwalking. baru hari ini aku sedikit berkelana ke situs-situs para tetangga -tapi saya ga bergunjing kok hehe-

anyway... trus apa kabarku? ya biasa aja.
aku emang lagi banyaaaakkk banget melakukan aktivitas bareng teman-teman sekelas. tiap minggu ga pernah absen, minimal sekali seminggu pasti paling ga kami minum kopi bareng.
kelasku ini emang kelas paling asik diantara beberapa kelas yang udah aku jalani. kalo biasanya aku sering dapetin kelas yang kalo ga orang-orangnya iritttt ngomong, atau pada sok jaim semua (biar keliatan kalo mereka anak kuliahan hehe), atau kelas-kelas yang kurang normal lainnya.

bulan Februari lalu, kelasku akhirnya -sekali lagi- akhirnya mengunjungi pameran Körperwelten. aku pernah ngeliat di website, kalo pameran ini di Asia cuma diadain di Singapore. pameran yang rada morbid ini emang harga tiketnya cukup mahal. gimana ga mahal, yang ditampilkan mayat-mayat beneran semua! untungnya dari pihak sekolah kami dapetin surat dan dapetin diskon.
pamerannya benar-benar menarik!!

hal paling bikin ga tega, waktu aku ngeliat sosok-sosok bayi yang dipamerin... badanku rasanya sampe gemetar.
pemandangan yang agak sedikit mengerikan buatku yaitu waktu ngeliat sosok laki-laki (kemungkinan dari Eropa) di display. sosoknya ditampilin mulai dari kepala sampai bahu, trus bagian tengah kepalanya dibelah dan dibuka lebar.
kerjaan yang rapi, memang... tapi aku bisa ngerasain mukaku jadi pucatt!

bener sih, ngunjungin pameran ini bikin kita jadi 'sedikit' menghargai hidup. jangan banyak-banyak merokok kalo ga mau paru-paru lo jadi hitammm butek. penampakannya aja serem benerr!! dan jangan mengkonsumsi narkoba, apalagi wanita hamil. bayinya yang menderita.
sumpah, ngeliat bayi itu lututku langsung lemesss...
begitupun, pameren ini benar-benar worth it!!

oh iya, baru-baru ini aku ke Jerman. seperti biasa, kunjungan tahunan kali ini juga dalam rangka ulang tahun kakakku. kalo ngingat kakakku ultah, jadi ingat bokap. tahun lalu pas bokap meninggal, kami emang sedang mo siap-siapin pesta ultah kakakku :'(

aku di Jerman cuma beberapa hari. dari kamis sampai minggu, eh... senin :D
berhubung keretaku berangkat jam 2 siang, maka aku pun berangkat sekolah bersama koperku. dan satu hari itu -dimana aku mesti nyeret-nyeret koper- banyaaakkk banget orang yang ku jumpa. mulai dari jumpa salah seorang guru di bus (yang biasanya kagak pernah jumpa di bus sekalipun..) sampe petugas administrasi di sekolah.. dan semua nanya pertanyaan yang sama:
mau liburan kemana?

yeah, pertanyaan ini ga usah dijawab. yang udah kenal aku pasti juga tahu kalo Jerman itu hampir menjadi kampung halaman ketiga buatku hehe.
yang pasti pesta ultah kakakku berjalan lancar dan sukses! makanannya udah pasti enaaakkk...
sayang, yang cakep di pesta cuma ada satu doang haha. eh, ada juga sih satu lagi yang cakep tapi ketuaan buat saya :D
sewaktu aku masuk sekolah lagi, aku dihujani guruku banyak pertanyaan. emang udah jadi tradisi, siapa yang bepergian harus menceritakan sedikit tentang kegiatannya di tempat tersebut.
dan pertanyaan berikutnya adalah: kapan ya aku ke Jerman lagi? :P

lompat ke topik lain, aku lagi suka mendekorasi apartemen.
jangan ngebayangi apartemen kayak di majalah-majalah interior dulu... apartemenku ya biasa aja, tapi aku emang lagi pengen suasana lain. biar ga bosen. akibatnya agendaku minggu ini juga berubah total: interio, ikea, fly, .....
yeah! see you guys!