Saturday, 12 November 2011

Selbständige Arbeit

sekarang udah hampir jam 2 pagi.
yup, benar sekali! saya ga bisa tidur!
ga tau kenapa udah dua malam ini aku ga bisa tidur, seolah bang Rhoma Irama tiba-tiba hadir di hadapan mata sambil nyanyiin lagu 'Begadang'.
ya jelas aja aku makin ga bisa tidur!
maaf ya, Mr. Irama... ga maksud apa-apa (cuma putus asa).


di kepalaku udah muter-muter aja berbagai pikiran juga sejumlah ide.
salah satunya soal tugas Selbständige Arbeit yang ga lain adalah tugas menulis tentang sebuah tema, bisa dipilih antara lain: tema yang berhubungan dengan akuntansi, karya sastra berbahasa Jerman atau tema yang berhubungan dengan ekonomi, politik dan sejenisnya.
mampus!

pertama sih aku belum ngeh dengan yang namanya Selbständige Arbeit.
aku kira itu hanya sejenis makanan *tetep aja rakus di manapun*
tapi setelah guruku nerangin apa sebenarnya misteri di balik dua kata itu,
rasanya aku pengen aja lari jauh, mungkin terbang ke Maldives dan liburan di sana *mimpi!!*
rasanya kepalaku sama sekali kosong.
pengen nangis karena ga tau mo nulis apa!


mo nulis soal akuntansi...
kok kayaknya njelimet banget *ngeles karena ga pinter ngitung*

mo nulis soal hukum...
helloooo...ga salah nih? ngelihat buku ZGB/OR aja aku jengah
!
mo nulis karya sastra Jerman...
duh kemampuan bahasa Jerman saya belum sejauh itu
.
lupakan nulis soal politik!!!
pilihan terakhir: ekonomi.

tapi tetap aja rasanya aku ga ada sedikitpun gambaran tema apa yang mau diulas. sampai suatu hari...
kenapa ga nulis tentang hal yang berhubungan dengan Indonesia?

*lagi-lagi telat mikir*

ide ini muncul sewaktu di mobil bersama si pacar jam 7 pagi.
sekedar info: ini bukan situasi romantis, dia cuma nganterin aku ke sekolah doang :D
aku yang lagi ngantuk buat masuk kelas pagi tiba-tiba mikir:
kenapa aku ga mengulas tentang Kopi Luwak aja?
tema ini jelas beda dari yang lain, secara aku satu-satunya yang berasal dari Indonesia (paling ga di kelasku).

waktu nanya ke pengajarku,
(berbekal bahasa Jerman, campur aduk dengan rasa gugup)

dia ngeliatin mukaku beberapa saat, sampe aku ngira kalo ada tinta tercoreng di jidatku bertuliskan:
apakah Anda gila?
tapi ternyata dia ngejawab:
"Okay, Anda coba tulis tema ini berdasarkan Marketing Mix!"
-eh bentar dulu Pak, Maketing Mix tuh apaan yah?-
nggak kok! aku ga ngomong kayak gitu.
ya jelaslah aku tau itu apa! *curi-curi buka buku Betriebskunde*

yak! solusi jitu!
saking jitunya sampe aku bengong. ga nyangka kalo guruku ternyata brillian!
aku bengong beberapa saat, dia nanya lagi:
"Ngerti kan?"
cepat-cepat aja kujawab:
"Eh iya ngerti. Jadi saya bakalan ulas soal Product, Price, Place dan Promotion.."
(btw, makin ngejelasin gini kok kesannya bukan tambah pinter tapi tambah bego di depan guruku. nasibbb....)
dia nyatat namaku dan tema yang kupilih terus ngomong lagi,
"Ya udah, saya tunggu daftar isinya di pertemuan berikutnya."
*nyaris pingsan*

untuk saat ini aku udah nyusun lebih dari 50% daftar isi.
tugasnya sih ga banyak-banyak banget, sekitar 12-15 lembar, tapi....
mual rasanya ngebayangin harus nulis semuanya dalam bahasa Jerman :'(
kadang aku ngerasa kalo aku tu berani mati dengan ngikuti kelas ini,
kemampuan bahasa Jermanku masih belum terlalu memadai.

memang untuk percakapan sehari-hari ga ada masalah sih.

aku akui sejak mengikuti Ausbildung, bahasa Jermanku ga kayak dulu lagi.
lebih berkembang, dalam artian lebih banyak kosa kata baku yang sering kugunakan sehari-hari.
tapi tetap aja kalo ngomongin soal ekonomi, hukum dan sejenisnya...
aku ngerasa tersendat.

tapi seperti hidup, aku juga harus jalan terus.
bukan berarti ga ada jalan lain kan?
mudah-mudahan aja segala sesuatunya berjalan lancar dan aku bisa makin memperkaya diri dengan mengerjakan tugas ini.

btw, siapapun yang punya info tentang Kopi Luwak mohon dibagi ke saya yaa :o)
sekarang udah setengah tiga pagi.
oh yeah, saya masih juga belum mengantuk!

No comments :