Thursday, 12 January 2012

another step

kali ini aku menepati janji.
akhirnya bisa update ga berselang lama dari post sebelumnya.
sebenarnya ini bukan berarti aku sedang banyak waktu luang, tapi karena ada suatu kejadian penting dan kayaknya ga afdol kalo ga ditulis di blog.

aku sempat nulis di post lalu tentang keinginan-keinginanku di tahun.
tanpa disangka, salah satunya terwujud di bulan Januari!
apakah itu? berpacu dalam melodi *loh?!*

jawabannya adalah: izin tinggal C di Swiss.
atau bahasa lainnya: residence permit.
izin tinggal ini menggantikan izin tinggalku yang dulunya masih berstatus B.
izin tinggal C diperpanjang setiap 5 tahun sekali. kalo dibandingan dengan izin tinggal B yang harus diperpanjang tiap tahun dan selalu bikin aku ngenes buat bayarin CHF 100 tiap tahun, dapetin izin tinggal C serasa bikin aku menghirup udara surga *hiperbola*.

buat dapetin izin tinggal C emang ga gampang.
kudu tinggal di Swiss minimal selama 5 tahun! dan ga bermasalah dengan negara.
pertama aku sempat rada takut karena salah satu temanku bilang kalo dia ngurus izin tinggal C sampe 6 bulan lamanya, ribet dan persyaratannya banyak!
dengernya aja udah bikin aku panas dingin.

tapi berhubung aku butuh izin tinggal itu, dengan tekad bulat aku pergi ke Kreisbüro (ini adalah kantor yang mengurusi penduduk di wilayah tempat tinggal dimana kita bermukim, mungkin di Indonesia namanya kantor camat :D).
aku udah dapetin undangan dari Kreisbüro untuk perpanjangan izin tinggal B dari pertengahan bulan November karena izin tinggalku habis masa berlaku di pertengahan Desember.
tapi tentu aja aku kali ini niat membuat permohonan untuk yang C.
di Kreisbüro salah satu pegawai yang baik banget ngejelasin soal izin tinggal C.
satu hal yang wajib diketahui:
buat apply izin tinggal C harganya lebih mahal CHF 20 daripada yang B :D

akhirnya si pegawai ngasi aku selembar kertas yang ga lain adalah undangan untuk datang ke imigrasi buat foto dan sidik jari.
berhubung semua izin tinggal di Swiss sekarang udah pake sistem biometric, maka di kantor imigrasi udah dibuat counter khusus untuk berfoto dan sidik jari biometric.
seminggu kemudian aku datang ke imigrasi.
foto dan sidik jari pun kelar.
tinggal nunggu.

beberapa hari kemudian datang surat dari kantor imigrasi Zurich.
isinya aku harus mengirim atau menyerahkan 3 jenis surat:
- surat keterangan Criminal Record
- surat keterangan dari Social Service
- surat keterangan dari Debt Enforcement Office

pihak imigrasi ngasi deadline sebulan buat ngurusin semua surat tersebut. singkat cerita, semua surat aku serahin ke kantor imigrasi seminggu sebelum Natal 2011. aku emang mau selesaikan semuanya berhubung Natal dan tahun baru kantor imigrasi tutup.
waktu pas ngasi semua dokumen langsung ke imigrasi, aku tanya:
kira-kira pihak imigrasi mengecek semua dokumen saya di bulan Desember atau bulan Januari ya? (dengan kata lain aku pengen tahu berapa lama izin tinggalku selesai)
pegawai imigrasi di counter menganjurkan hal jitu: tunggu aja!
alright Madame, kalo soal itu semua orang juga tau.

selama liburan natal dan tahun baru aku bepergian ke Montreux dan pergi bersama si pacar. sehabis tahun baruan aku balik ke apartemen awal Januari, tanggal 5 kayaknya *udah lupa*. waktu ngecek kotak surat, aku ngeliat selebaran dari kantor pos buat ngambil surat.
tanggal terakhir buat ngejemput surat: 30 Desember 2011.
what????

aku jadi bingung, bisa jadi itu izin tinggalku, bisa jadi nggak.
berbekal kertas yang udah kusut itu *ketindih buku-buku, dompet kosmetik dan kotak kacamata di tas* akhirnya aku ke post yang jaraknya cuma 3 halte tram dari tempatku tinggal.
di counter aku tanya ke pegawai post.

a = aku, wpp = wanita pegawai post
a: hallo, saya dapat kiriman ini untuk mengambil surat. tapi berhubung Natal dan tahun baru saya ga di Zurich, jadi saya udah telat dari tanggal pengambilan surat.
wpp: *ngambil kertas tersebut, ngeliat dan ngomong* surat Anda dikirim kembali ke pengirim.
a: *hampir ngomong, kalo ini gue juga tau!!* hm, ya. jadi bagaimana ya biar saya bisa ambil surat ini?
wpp: surat ini dari Berne, jadi kemungkinan izin tinggal.
a: *langsung deg-degan pas dengar kata 'izin tinggal'*
wpp: Anda sedang mengunggu kiriman izin tinggal?
a: iya, makanya saya mau tau gimana saya bisa ambil surat ini
wpp: wah saya ga tau tuh surat Anda di mana.
a: ngg maksud...nyaa??
wpp: kayaknya mereka bakal ngirim lagi ke Anda
a: kayaknya? trus Anda ga bisa ngecek surat saya posisinya dimana sekarang ini?
wpp: *tanpa ngecek ke komputer* nggak.
a: *hampir maki*

keluar dari kantor pos rasanya kesellllll banget! males banget itu perempuan!
masa cuma ngecek surat aja dia ga bisa. salah satu tujuan counter di kantor pos dibangun supaya penduduk bisa dapat informasi, bukannya dapatin rasa dongkol.
berhubung hari itu aku udah punya janji, jadi aku urungkan dulu mo kantor imigrasi. besokannya aku ke kantor imigrasi, kali ini aku ga mau berangkat pagi buta. males aja :D

untungnya aku dapetin pegawai yang ramah banget!
dia nanya apa aku udah ngecek ke post, aku bilangin aja kalo pegawai postnya ga terlalu mau niat bantu.
dia sampe geleng-geleng kepala sambil bilang:
'Aneh gitu yah! Seharusnya pihak post tahu dimana izin tinggal Anda. Okay, saya sudah cek dan Anda bisa ambil surat ini kalo nggak di Kreisbüro atau di Stadthaus (Town Hall).'  habis itu dia ketawa-ketawa lagi karena dengar ceritaku. 
btw, aku kok jadi curhat ma pegawai imigrasi yah? :D

hari itu aku ga langsung ke Kreisbüro berhubung aku udah berada di kota dan males bolak-balik lagi, lagian aku masih punya jatah return visa di paspor. pulangnya aku dapatin di kotak surat undangan buat ke Kreisbüro. pertanda baik.
pas aku ke Kreisbüro, aku sengaja milih meja pegawai yang baik itu.
dia langsung ngenalin aku dan meriksa arsip lalu nyerahin sebuah kartu sambil bilang: taaaa daaaaa.....
nggak kok!
dia ngasinya biasa aja tapi senyum-senyum. belakangan aku baru ngeh ternyata pegawainya rada ganjen. pantesan baek banget. sebodoh lah!
dia ngasi izin tinggalku yang baru.
izin tinggal C!
yeayyyyyyy.... akhirnya aku dapetin juga izin tinggal ini.
si pegawai langsung ngomong:
selamat yah! akhirnya dapet juga... *nadanya kok kayak sesama cewe lagi ngomongin tentang datang bulan*

aku ketawa senang.
ga nyangka akhirnya aku bisa dapetin dokumen penting ini. dan dapetnya juga jauh lebih cepat daripada temanku. kalo dihitung-hitung aku ngedapetin izin tinggal ini cuma sebulan! selain itu aku ga ada dapat persyaratan ngasi dokumen tambahan seperti sertifikat kursus dsb.
emang ga gampang buat dapetin izin tinggal ini, kudu ngelewati berbagai kejadian di kurun waktu 5 tahun. detik saat aku menggenggam izin tinggal ini rasanya ga terlupakan.
ini berarti keberadaanku sebagai orang asing di Swiss lebih diperhitungkan.
ini berarti punya hak lebih dari para pemegang izin tinggal B :D
ini bearti ga mesti tiap natal dan tahun baru berkutat di Swiss karena perpanjangan izin tinggal
ini berarti ga mesti bayar CHF 100 lagi tiap tahun.
ini berarti sejarah, para pemirsa!!!

dan inilah specimen izin tinggal C


biometric Swiss ID


foto diambil di sini
aku jadi makin sadar, kadang kita ngeasa hidup ini kadang ga adil. tapi bisa jadi hal itu kita rasakan di posisi kita berdiri. cobalah melangkah dan bergerak dari suatu posisi, walaupun hal itu susah dilakukan.
mungkin perasaan 'ga adil' tadi bisa berubah, karena kita merubah posisi dan pandangan kita sendiri. ga semua hal yang buruk itu benar-benar buruk.
dengan ngedapetin izin tinggal ini, aku jadi makin semangat buat mencapai hal-hal positif lainnya di tahun ini.
doakan saya yaaa :)

2 comments :

clumsy girl said...

kak ikaa :D selamat ya udah dapetin ijinnya >.<
mudah-mudahan belajarnya juga jadi lancar dengan adanya izin C :D

seneng bisa mampir sini lagi hoho XD

ika hardy said...

@Ve: thanks dek! iya senang bgt salah satu keinginan bisa tercapai, apalagi yang sulit pula! :D
makasih udah mampir lagi ;)